UTS MPPL

 1. Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah aktifitas sebuah individu atau tim dalam mengatur dan mengelola rekayasa perangkat lunak, dimulai sebelum aktifitas teknis di inisialisasi dan berlanjut pada keseluruhan tahapan, dan pengembangan serta pemeliharaan dengan menggunakan source yang ada serta feedback dari passar yang kita targetkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan proyek.


2. kegunaan dari aplikasi SI APIK ini adalah aplikasi laporan keuangan kita bisa mengecek data keuangan, pembelanjaan, akutansi biaya dan narasi catatan keuangan, kita juga bisa menambah atau mengurangi usaha yang ingin kita jalankan applikasi ini juga bisa memasarkan usaha yang anda jalankan


kita bisa lihat terdapat banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk mengetahui usaha yang sedang kita jalani


3. saya rasa saya membutuhkan waktu 6 bulan atau lebih mengetahui bahwa fitur yang ada di applikasi SI APIK ini lumayan banyak serta perlu keamanan yang bagus karena menyangkut keuangan dari sebuah perusahaan atau usaha perorangan

KAK : 

I.                     Latar Belakang

SI APIK di buat untuk mempermudah sebuah perusahaan atau usaha perorangan untuk mengelola keuangan, mengetahui modal dan keuntungan yang diperlukan serta di dapatkan

 

II.                   Tujuan

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha untuk mendapatkan untung yang sebesar besarnya dan rugi seminimal mungkin dan memudahkan para pengguna untuk menghitung banyaknya pengeluaran dan pemasukkan dari usaha yang dijalankan

III.                 Sasaran

Aplikasi ini ditujukan untuk para orang yang ingin membuka usaha di berbagai bidang, perorangan maupun kelompok

IV.                Sumber Pendanaan

Kegiatan ini dialokasikan membutuhkan dana sebesar  Rp.300.000.000 dari biaya pembuatan fasilitas aplikasi berbasis web dan mobile yang disediakan oleh dinas pengembangan UMKM.

V.                  Waktu Pelaksanaan

Jangka waktu yang diperlukan untuk pembuatan aplikasi SI APIK adalah 6 bulan.

VI.                Ruang Lingkup

a.       Lingkup

Ruang lingkup kegiatan pengembangan aplikasi pengelolaan keuangan ini akan di bagi menjadi 6 tahapan

i.                     Perencanaan dan persiapan pengembangan sistem informasi

ii.                   Analisis dan evaluasi terhadap sistem kebutuhan dinas pengembangan

iii.                 Perancanangan sistem

iv.                 Pengisian data oleh administrator

v.                   Pengisian data untuk pengguna aplikasi 

vi.                   Uji coba lapangan

vii                  Validasi data

viii.               Perbaikan kekurangan dan kesalahan dalam sistem dan aplikasi

ix.                   Penyusunan laporan dan dokumentasi sistem

b.       Lokasi

Lokasi pengerjaan sistem informasi akan dilakukan di daerah jakarta secara remote

c.       Fasilitas

Tempat pengerjaan, snack, dan minuman

d.       Ahli pengetahuan

Didampingi oleh manager terhadap tim yang menjalani kegiatan ini

 

VII.               Metodologi

Metologi yang akan kami gunakan adalah scrum. Metode ini adalah salah satu metode rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip pendekatan AGILE, yang bertumpu pada kekuatan kolaborasi tim, incremental product dan proses iterasi untuk mewujudkan hasil akhir.

VIII.             Kualifikasi

a.       Keamanan dan kerahasiaan data terjamin

b.       Sistem keuangan dapat diandalkan

c.       Integrasi antar riwayat transaksi terhadap laporan keuangan

d.       Integrasi antar aset barang / stok yang dimiliki

e.       Data yang diinput terjamin kerahasiaannya

f.        Menggunakan metode yang baik dan terarah

g.       Menerapkan sistem tracking barang dan monitoring pengeluaran

h.       Komitmen terhadap pekerjaan

 

IX.                 Tenaga Ahli

a.       Project manager

b.       Programmer

c.       Web dan aplikasi design

d.       Data base

e.       Infrastruktur

f.        Dokumentasi

 

X.                   Keluaran

a.       Aplikasi

b.       Aplikasi web yang telah ter deploy ke server

c.        Dokumentasi hasil analisis, desain, dan konfigurasi sistem

d.       Program dengan source code

e.       Manual Teknis

f.        Bug Fixing

g.       Pemeliharaan Server

 

XI.                 Pelaporan

a.       Laporan pendahuluan

b.       Laporan intern

c.       Laporan akhir

d.       Laporan mingguan

e.       Laporan bulanan

 

4. untuk mewujudkan proyek ini hal yang harus dilakukan adalah analisis kebutuhan, lalu membuat rancangan dan mengerjakan proyek hingga akhir lalu mengevaluasi kekurangan apa yang dapat di perbaiki.

WBS :


5. PENJADWALAN

















Comments

Popular posts from this blog

tugas pbo

TICKET MACHINE