UTS MPPL
1. Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah aktifitas sebuah individu atau tim dalam mengatur dan mengelola rekayasa perangkat lunak, dimulai sebelum aktifitas teknis di inisialisasi dan berlanjut pada keseluruhan tahapan, dan pengembangan serta pemeliharaan dengan menggunakan source yang ada serta feedback dari passar yang kita targetkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan proyek.
2. kegunaan dari aplikasi SI APIK ini adalah aplikasi laporan keuangan kita bisa mengecek data keuangan, pembelanjaan, akutansi biaya dan narasi catatan keuangan, kita juga bisa menambah atau mengurangi usaha yang ingin kita jalankan applikasi ini juga bisa memasarkan usaha yang anda jalankan
I.
Latar Belakang
II.
Tujuan
Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha untuk
mendapatkan untung yang sebesar besarnya dan rugi seminimal mungkin dan memudahkan para pengguna untuk menghitung banyaknya pengeluaran dan pemasukkan dari usaha yang dijalankan
III.
Sasaran
Aplikasi ini ditujukan untuk para orang yang ingin membuka usaha di berbagai bidang, perorangan maupun kelompok
IV.
Sumber Pendanaan
Kegiatan ini dialokasikan membutuhkan dana sebesar Rp.300.000.000 dari biaya pembuatan fasilitas
aplikasi berbasis web dan mobile yang disediakan oleh dinas pengembangan UMKM.
V.
Waktu Pelaksanaan
Jangka waktu yang diperlukan untuk pembuatan aplikasi
SI APIK adalah 6 bulan.
VI.
Ruang Lingkup
a.
Lingkup
Ruang lingkup kegiatan pengembangan aplikasi pengelolaan keuangan ini
akan di bagi menjadi 6 tahapan
i.
Perencanaan dan persiapan pengembangan sistem
informasi
ii.
Analisis dan evaluasi terhadap sistem kebutuhan
dinas pengembangan
iii.
Perancanangan sistem
iv. Pengisian data oleh administrator
v.
vi. Uji coba lapangan
vii Validasi data
viii. Perbaikan kekurangan dan kesalahan dalam sistem
dan aplikasi
ix.
Penyusunan laporan dan dokumentasi sistem
b.
Lokasi
Lokasi pengerjaan sistem informasi akan dilakukan di daerah jakarta secara remote
c.
Fasilitas
Tempat pengerjaan, snack, dan minuman
d.
Ahli pengetahuan
Didampingi oleh manager terhadap tim yang menjalani kegiatan ini
VII.
Metodologi
Metologi yang akan kami gunakan adalah scrum. Metode ini adalah
salah satu metode rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip
pendekatan AGILE, yang bertumpu pada kekuatan kolaborasi tim, incremental
product dan proses iterasi untuk mewujudkan hasil akhir.
VIII.
Kualifikasi
a.
Keamanan dan kerahasiaan data terjamin
b.
Sistem keuangan dapat diandalkan
c.
Integrasi antar riwayat transaksi terhadap laporan
keuangan
d.
Integrasi antar aset barang / stok yang dimiliki
e.
Data yang diinput terjamin kerahasiaannya
f.
Menggunakan metode yang baik dan terarah
g.
Menerapkan sistem tracking barang dan monitoring
pengeluaran
h.
Komitmen terhadap pekerjaan
IX.
Tenaga Ahli
a.
Project manager
b.
Programmer
c.
Web dan aplikasi design
d.
Data base
e.
Infrastruktur
f.
Dokumentasi
X.
Keluaran
a.
Aplikasi
b.
Aplikasi web yang telah ter deploy ke server
c.
Dokumentasi hasil analisis, desain, dan
konfigurasi sistem
d.
Program dengan source code
e.
Manual Teknis
f.
Bug Fixing
g.
Pemeliharaan Server
XI.
Pelaporan
a.
Laporan pendahuluan
b.
Laporan intern
c.
Laporan akhir
d.
Laporan mingguan
e.
Laporan bulanan
WBS :
Comments
Post a Comment